Select Menu

Slider

Travel

Performance

Cute

My Place

Slider

Racing

» »Unlabelled » Bank Sebagai Harapan Baru UMKM
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama




Tanggal 2 Mei adalah Hari Bank yang diperingati oleh dunia internasional. Bank sangat penting untuk menggerakkan ekonomi,, dari lokal sanpai internasional. Bank adalah tempat berkumpulnya sumberdaya finansial. Karena bank punya kemampuan menghimpun dana dari berbagai pihak. Uang tersebut tidak hanya disimpan melainkan untuk diputar. Penghasilan bank pada umumnya karena perputaran uang ini. 

Uang dipinjamkan ke pihak lain, Bank memperoleh keuntungan dari bunga yang dibayarkan oleh peminjam. Dan pihak peminjam dapat untung dari pinjaman yang didapatkan dari Bank. Karena kemampuan finansial ini lah, usaha dapat berkembang pesat, karena mudahnya akses modal. Tetapi pada umumnya bank hanya memberi modal pada usaha yang berskala besar,, karena dengan skala besar,, lebih memudahkan keuntungan daripada memberi pinjaman pada usaha skala menengah maupun skala kecil (UMKM) Pengusaha mikro biasanya hanya membutuhkan modal dalam skala kecil sesuai dengan omset yang mereka miliki. Pada umumnya kurang dari 1 juta rupiah. 

Bank konvensional biasanya sulit menywntuh level ini. Bank yang khusus diperuntukkan kepada wirAusaha kecil dan mikro pada awalnya digagas oleh Muhammad Yunus, dengan mendirikan Grameen Bank. Keberhasilan inilah yang menginspirasi lembaga2 keuangan membuat lembaga kredit lunak di tingkat bawah. Mereka pada umumnya memberikan persyaratan lunak juga pada pengusaha mikro. Mereka tidak disyaratkan untuk memberikan jaminan yang tinggi, hanya diminta untuk memberikan surat identitas, berupa ktp. Dan proses peminjamannya pun jauh lebih mudah daripada bank konvensional. Pelajaran yang kita ambil dari peringatan hari bank sedunia, adalah bahwa sistem perbankan ini ternyata bisa diadopsi untuk memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan, seperti pemberdayaan kpd sektor usaha kecil dan mikro.

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply