Select Menu

Slider

Travel

Performance

Cute

My Place

Slider

Racing

» »Unlabelled » PERKEMBANGAN ISLAM DI AMERIKA SERIKAT
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama





Tanggal 4 Juli bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat. Negara ini dikenal bukan sebagai negara bermayoritas Islam, melainkan sebagai negara bermayoritas Kristen Protestan. Mereka pada umumnya, adalah orang kulit putih eropa yang berhijrah ke Amerika Serikat sejak sekitar abad ke 17, sejak diketahui adanya benua tersebut oleh orang Eropa. Hampir sama dengan sejarah di Australia, mereka menempati wilayah yang sangat luas, dengan memebntuk koloni-koloni terlebih dahulu, kemudian menyingkirkan penduduk asli, yaitu Suku Indian di Amerika Utara, dan Suku Aborigin di Benua Australia.

Awal mula keberadaan orang muslim di Amerika Serikat, meski sedikit, tetapi dalam sejarah tercatat nama Estevanico, seorang yang berasal dariAfrika Utara, yang datang ke Amerika Serikat abad ke 16 sebelum gelombang besar kedatangan bangsa Eropa di abad sesudahnya. Pada abad tersebut, perbudakan adalah hal yang biasa, dan bangsa eropa memainkan peran sentral dalam perdagangan (jual beli budak). Mereka (bangsa Eropa) datang ke Amerika Serikat juga membawa budak-budak mereka yang jumlahnya mencapai ratusan ribu. Sebagian dari mereka berasal dari wilayah dimana pengaruh islam sangat terasa. Besarnya jumlah budak yang pada umumnya kulit hitam tersebut, dapat dilihat sampai sekarang, bahwa sekitar 25% warga Amerika Serikat adalah orang berkulit hitam, dan banyak dari mereka menganut agama Islam.

Perkembangan ummat islam di Amerika Serikat selanjutnya pada abad ke 20, dipengaruhi dengan kedatangan migrasi selanjutnya, yaitu dari negeri-negeri islam ke negeri paman sam tersebut. Pada awal abad ke 20, terjadi gelombang besar-besaran dari wilayah Suriah Raya (yang sekarang ini meliputi beberapa negara, seperti Suriah, Palestina, dan Yordania). Pengaruh peperangan berdampak pada munculnya migrasi, dari wilayah konflik ke wilayah yang lebih aman. Pada masa sesudah Perang Dunia ke II, terjadi gelombang perpindahan penduduk lagi, sehingga secara tidak langsung mempengaruhi jumlah peningkatan persentase muslim di Amerika Serikat.

Berdasarkan perkiraan banyak sumber, seperti Pew Research Center (PWC), merilis bahwa jumlah penduduk muslim di Amerika Serikat kini mencapai 3,3 juta atau 1% dari total penduduk Amerika serikat yang berjumlah 322 juta jiwa. Kisaran angka ini sama dengan jumlah penduduk Yahudi. Ke depan, diperkirakan jumlah penduduk beragama Islam di Amerika Serikat mengalami pertumbuhan, tidak hanya karena faktor migrasi, melainkan dipengaruhi jumlah perpindahan agama menjadi muslim.

Jumlah muslim di Amerika Serikat tersebar di beberapa wilayah, dengan konsentrasi penduduk muslim dengan persentase tinggi di beberapa wilayah, dan persentase rendah di beberapa wilayah lainnya. jumlah persentase Muslim relatif tinggi, terdapat di Kota New York, California, Ohio, Illinois, yaitu sekitar 4-8% . sedangkan, penduduk muslim berpresentase rendah seperti daerah Oklahoma, New Mexico, Arkansas, dst. Sebaran penduduk muslim dapat dilihat sebagaimana tabel berikut ini';





Menurut riset yang sama, PWC, diantara jumlah muslim tersebut, 1/5 diantaranya adalah muslim yang terlahir dari keluarga non muslim, atau mualaf. Menurut perkiraan PWC, 30 tahun mendatang, jumlah persentase muslim di Amerika bertambah dua kali lipat, mencapai 2,1 persen, dan akan menjadi agama terbesar kedua, setelah Kristen Protestan. 

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply