Select Menu

Slider

Travel

Performance

Cute

My Place

Slider

Racing

» »Unlabelled » Mengenang Sarekat Islam Sebagai Organisasi Perlawanan Terhadap Belanda
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama




Pada tanggal 20 mei selalu diperingati sebagai hari kebangkitan nasional. Hari itu adalah hari dimana dilahirkan organisasi Boedi Oetomo, yang dijadikan patokan kebangkitan kesadaran rakyat indonesia untuk merdeka. 

 Tapi ada organisasi lain yang lebih dahulu ada dan pengaruh terhadap perjuangan bangsa yang tak dapat dianggap sebelah mata, yaitu organisasi Sarekat Islam. Organisasi yang secara embrionya lebih dahulu ada sebelum berdirinya Boedi Oetomo. Bahkan menurut, Mansur Soeryonegara, organisasi ini sudah berdiri sejak 1905.

 Organisasi ini berbeda dengan Boedi Oetomo. Organisasi ini sempat dilarang oleh pemerintahan belanda sebelum akhirnya diperbolehkan membuka cabang di beberapa tempat. Sedangkan Boedi Oetomo terdiri dari bangsawan ningrat Jawa dan Madura, atau pegawai yang bekerja pada pemerimtahan Hindia Belanda. 

 Tujuan berdirinya organisasi pada awalnya adalah untuk melakukan pemberdayaan para pedagang pibumi berhadapan dengan para pedagang asing. Pada waktu itu belum ada konsep WNI atau non WNI. Pedagang asing yang menjadi saingan para pedagang pribumi waktu itu adalah para pedagang cina.

 Selain melakukan pemberdayaan untuk memajukan kaum pribumi muslim di bidang perdagangan, juga bertujuan untuk melakukan dakwah. Atau menyampaikan ajaran islam sebenarnya

 Tetapi pada perkembangan berikutnya jadi kekuatan politik riil yang didukung oleh kalangan bawah pribumi. Meski sempat menempatkan wakilnya di parlemen, tapi akhirnya menarik diri, karena parlemen bentukan Belanda tidak sensitif terhadap kepwntingan pribumi.

 Karena faktor ini lah beberapa sejarawan menempatkan sarekat Islam sebagai organisasi pertama yang membangkitkan kesadaran rakyat indonesia. 

 Waktu itu kelompok komunis lebih tertarik pada organisasi Sarekat Islam daripada Boedi Oetomo, karena watak organisasi komunis yang punya sasaran rakyat bawah. Sedangkan Boedi Oetomo masih dianggap sebagai kelompok feodal oleh kalangan komunis. Masuknya unsur komunis kemudian membuat sarekat Islam pecah. 

 Penutup 

Betapa pengaruh islam sangat tampak dan riil. Tidak dimasukkan nya sarekat islam kedalam oranisasi kebangkitan islam bukan berarti organisasi ini kurang berperan, justru organisasi ini punya peran sangat besar pada awal abad 20.

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply