Select Menu

Slider

Travel

Performance

Cute

My Place

Slider

Racing

» »Unlabelled » ARTI PENTING SERANGAN UMUM 1 MARET
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama


Tanggal 1 Maret diperingati sebagai hari pertempuran para pejuang indonesia terhadap pasukan Belanda di Yogyakarta, kemudian dikenal dengan sebutan .Serangan Oemoem 1 Maret 1949. Apa yang menjadi sebab dari peristiwa ini, 

Sebagaimana diketahui, ketika tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno menyatakan kemerdekaannya, tidak semua wilayah di indonesia sekarang ini langsung mendengar pidato soekarno kemudian menyepakatinya, butuh waktu berhari-hari, berita kemerdekaan indonesia tersebar ke berbagai wilayah, kemudian menyepakati tunduk patuh pada pemerintahan indonesia merdeka. 

Begitu mengetahui, Sultan Hamengkubuwono ke IX langsung menyepakati, dan tanggal 5 september (atau kurang dari 1 bulan), Sultan mendeklarasikan bahwa wilayah kerajaan yang dinaungi nya, masuk sebagai bagian dari indonesia. Tidak semua pemimpin daerah waktu itu punya sikap sebagaimana ditujukan oleh Sultan HB IX. Bahkan kraton Solo pun menolak untuk mengintegrasikan kerajaan surakarta menjadi bagian dari indonesia, ini lah yang kemudian melahirkan gerakan swapraja di surakarta yang menentang kerajaan. 

Ketika pemerintahan terbentuk, otomatis juga terdiri dari susunan kabinet Republik Indonesia, dan mempunyai kedudukan resmi, yaitu di jakarta. Tetapi, ketika koalisi negara fasis (jerman, italia, jepang) kalah melawan sekutu (Amerika Serikat, inggris, Prancis, dan inggris), otomatis pasukan sekutu mendatangi wilayah yang sebelumnya diduduki oleh lawan mereka (yaitu jepang). Dan kedatangan pasukan sekutu ini, dimanfaatkan oleh Belanda, dengan membonceng pasukan sekutu. 

Jakarta adalah kota yang paling berpengaruh menjadi salah satu tempat tujuan pendudukan pasukan sekutu. Hal ini lah yang menyebabkan pemerintahan indoensia awal kurang kondusif, termasuk dalam masalah keamanan pribadi-pribadi anggota kabinet. Maka, pada tanggal 4 januari 1946, atau kurang dari 5 bulan sejak kemerdekaan, ibukota Republik indonesia pindah ke yogyakarta atas instruksi raja HB IX. Karena pemerintahan baru terbentuk belum ada sumberdaya finansial, maka kabinet mengalami defisit anggaran, dan raja yogya mengulurkan bantuan, ia menggaji para anggota kabinet dengan memakai kekayaan istana yogyakarta. 

Akhirnya belanda memutuskan untuk melakukan serangan besar-besaran di Yogyakarta pada tanggal 19 Desember 1948, yang dikenal dengan sebutan Agresi Militer ke II, ditujukan ke ibukota yogyakarta, dengan target melumpuhkan kabinet pemerntahan. Semua target vital berhasil dilumpuhkan belanda, dari istana kepresidenan (di jalan malioboro yogyakarta) dan bandara maguwo. Para pejabat kabinet pun ditangkap dan diasingkan oleh belanda di Bangka dan berbagai daerah lainnya di luar jawa  untuk memutus rantai hubungan antara pemerintahan dan rakyatnya. 

Ini lah yang menyebabkan kekosongan pemerintahan, sehingga soekarno sebelum ditangkap sempat menunjuk kekosongan pemerintahan kepada Syafrudin Prawiranegara. Seorang tokoh masyumi, untuk memimpin Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang berkedudukan di Sumatra Barat. Di Padang, sebuah daerah mayoritas muslim, dikenal sebagai basis pendukung kedaulatan Republik indonesia waktu itu. Disebut “darurat” karena pemerintahan ini memang dalam keadaan darurat, karena semua anggota kabinet inti sudah tidak ada (termasuk pimpinannya sendiri, Soekarno, Hatta, dan Agus Salim). Dapat dibayangkan, bagaimana keadaan negara ini, jika semua presiden dan menteri-menterinya, serta penyelenggara negara penting lainnya menghilang?

Di sini lah peran penting jendral Soedirman, mantan hizbul wathon dan aktivis muhammadiyah ini, memimpin pasukan militer indonesia. Tidak tunduk pada pemerntahan hindia belanda, dan memilih jalan perjuangan gerilya. Ia bergerak dari desa ke desa, dari hutan ke hutan. Memotong jalur lintasan antar kota, sehingga pasukan belanda terkotak-kotak, karena semua sarana penghubung sudah diputus oleh TNI. Kantor pos, kabel telepon, bahkan jalanan yang serng dilalui konvoi Belanda dirusak oleh pasukan TNI. Pasukan belanda mengalami kekalahan dari satu serangan ke serangan lain. Dan pada puncaknya, adalah Serangan yang dilakukan oleh TNI yang terdiri berbagai unsur laskar waktu itu, termasuk laskar hizbullah, melakukan serangan ke pos-pos belanda di yogyakarta. 

Ada banyak pihak yang berperan dalam serangan ini. Yaitu, Panglima Jendral Soedirman, ia selaku panglima tertinggi militer waktu itu. Ia lah yang berwenang memberikan instruksi ataupun ijin atas suatu serangan kepada belanda. Dan sri Sultan Hamengkubowono IX, ia lah yang menjadi pemimpin yogyakarta. Waktu itu, Letkol Soeharto masih berusia 25 tahun, tapi ia juga berperan dalam serangan ini. Ia menjadi kurir yang bertugas menemui Sri Sultan Hamengkubowono, untuk membicarakan serangan.   

Serangan ini adalah salah satu strategi gerilya. Para gerilyawan mendatangi kota yogyakarta dan menyelinap di antara rumah-rumah penduduk di malam hari kemudian melancarkan serangan pada pukul 06.00 pagi. Berbagai sarana vital yang dimiliki oleh belanda, tiba-tiba diserang oleh gerilyawan. Serangan ini berlangsung selama 6 jam dan berahir pada pukul 12.00, setelah bala bantuan tentara KNIL dari arah magelang datang dari arah utara yogyakarta. Meski menguasai yogyakarta hanya enam jam, tetapi hal ini menjadi point penting mengingat waktu itu pemerintahan indonesia sudah dianggap tidak ada. 

Berkat perjuangan yang dilaukan oleh para pahlawan indonesia ini, indonesia tetap dianggap eksis oleh sebagian bangsa luar negeri. Datang silih berganti pengakuan terhadap eksistensi indonesia. Yang pertama kali adalah negara Mesir, berkat loby ikhwanul muslimin yang mendesak pemerntahan mesir untuk mengakui eksitensi indonesia, kemudian disusul negara-negara lainnya. Pengakuan akan eksistensi ini sangat penting, dan akhirnya memaksa Belanda menyerahkan kedaulatannya kepada indonesia secara penuh pada Desember 1949.

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply